Laman

Rabu, 26 Desember 2012

Pelajaran 1 : Pengguna Informasi Akuntansi

Berikut ini para pengguna Informasi Akuntansi :

Perorangan / Individu
Ketika mendengar isitlah AKUNTANSI, sebagian besar orang menganggap bahwa akuntansi hanya digunakan oleh perusahaan, dan lebih spesifik lagi-Perusahaan Besar. Akibatnya akuntansi menjadi asing dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya, Ibu rumah tangga juga memerlukan akuntansi dan telah melakukannya secara sederhana ketika mencatat pengeluaran dan pemasukan atau pun membuat sebuah prencanaan keuangan. Dengan menggunakan akuntansi, maka individu akan lebih mudah mengelola keuangan, mengevaluasi pekerjaan, mengambil keputusan untuk membeli sesuatu dsb. Akuntansi adalah untuk semua orang.


Pebisnis
Informasi Akuntansi digunakan oleh pebisnis untuk menetapkan tujuan, mengevaluasi kemajuan, dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan. Misalnya berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan, dan informasi akuntansi akan membantunya mengambil keputusan.

Investor
Investor menggunakan informasi akuntansi untuk memutuskan layak tidaknya sebuah investasi yang akan dilakukannya, meramalkan jumlah laba, dan berapa tingkat pengembalian dari sebuah investasi.

Kreditor
Kreditor adalah orang / lembaga yang meminjamkan uang untuk sebuah usaha / keperluan. Dalam hal ini pihak kreditor akan menganalisa kemampuan dari peminjam / debitur untuk melunasi pinjaman tersebut. Debitur harus mampu menunjukkan prediksi labanya melalui sebuah laporan keuangan.

Pajak
Pajak penghasilan dihitung dengan menggunakan informasi akuntansi, oleh sebab itu otoritas pajak menggunakan laporan dari informasi akuntansi untuk menentukan jumlah pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar